USB (Universal Serial Bus) card

Diposting oleh Unknown on Rabu, 25 April 2012

Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus berseri untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan dan PDA.
Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk pohon dengan menggunakan peralatan hub yang khusus.
Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA komputer atau bus PCI, dan memperbaiki kemampuan plug-and-play (pasang-dan-mainkan) dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu mereboot komputer. Ketika USB dipasang, ia langsung dikenal sistem komputer dan memroses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya.
USB dapat menghubungkan peralatan tambahan komputer seperti mouse, keyboard, pemindai gambar, kamera digital, printer, hard disk, dan komponen networking. USB kini telah menjadi standar bagi peralatan multimedia seperti pemindai gambar dan kamera digital.
Versi terbaru (hingga Januari 2005) USB adalah versi 2.0. Perbedaan paling mencolok antara versi baru dan lama adalah kecepatan transfer yang jauh meningkat. Kecepatan transfer data USB dibagi menjadi tiga, antara lain:
• High speed data dengan frekuensi clock 480.00Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ± 500ppm.
• Full speed data dengan frekuensi clock 12.000Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±0.25% atau 2,500ppm.
• Low speed data dengan frekuensi clock 1.50Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±1.5% atau 15,000ppm.
USB adalah host-centric bus di mana host/terminal induk memulai semua transaksi. Paket pertama/penanda (token) awal dihasilkan oleh host untuk menjelaskan apakah paket yang mengikutinya akan dibaca atau ditulis dan apa tujuan dari perangkat dan titik akhir. Paket berikutnya adalah data paket yang diikuti oleh handshaking packet yang melaporkan apakah data atau penanda sudah diterima dengan baik atau pun titik akhir gagal menerima data dengan baik.
Setiap proses transaksi pada USB terdiri atas:
• Paket token/sinyal penanda (Header yang menjelaskan data yang mengikutinya)
• Pilihan paket data (termasuk tingkat muatan) dan
• Status paket (untuk acknowledge/pemberitahuan hasil transaksi dan untuk koreksi kesalahan)


Ada empat jenis USB card, antara lain :
1. Internal USB PCI Card
Untuk menginstall internal PCI USB Card harus membuka casing komputer dan caranya adalah disisipkan ke dalam slot PCI yang tersedia pada motherboard, jenis ini tidak dianjurkan kecuali anda bisa menginstallnya sendiri. Bila komputer anda memiliki versi USB yang lebih lama yakni USB1.1 dan akan diupgrade ke versi USB2.0, versi windows anda juga harus diupdate sehingga komputer akan mendukung fungsi USB2.0. 


2. USB Hub (Non Powered) 
Sebuah USB Hub eksternal adalah sebuah perangkat sederhana dan murah, anda cukup memasukkannya ke dalam port USB yang tersedia. USB Hub jenis ini yang paling populer serta dapat digunakan baik pada Laptop maupun Desktop. 

Perhatikan bahwa beberapa perangkat USB memerlukan tenaga listrik yang didapat melalui port USB komputer, biasanya perangkat mekanis seperti printer, scanner, kamera digital dan sebagainya. Type USB hub ini mungkin tidak dapat menyediakan tenaga listrik tersebut, khususnya bila digunakan secara bersamaan. 


3. Powered USB Hub
Sebuah USB Hub eksternal yang juga dapat langsung dimasukkan ke dalam port USB pada komputer. Perbedaannya dengan yang non powered adalah jenis ini dilengkapi power supply sendiri. 

Kebanyakan jenis USB hub ini dilengkapi oleh kabel panjang untuk memudahkan penempatannya. Ini menjadikan Powered USB Hub solusi terbaik bagi pengguna komputer desktop. 


4. USB PC Card 
Bila anda menggunakan laptop dan sering berpindah-pindah tempat, maka anda memiliki pilihan lain jenis USB Hub, USB PC Card atau juga dikenal dengan nama PCMCIA USB Card. Perangkat ini dimasukkan ke dalam slot PCMCIA laptop dan langsung memberikan 2 USB port ekstra pada laptop tanpa mengurangi jumlah port USB yangtelah ada. 

Jenis USB Hub ini adalah yang paling populer digunakan untuk komputer laptop. Saat membeli sebuah USB Hun untuk komputer, pertimbangkan letak port USB pada komputer. Bila port USB terletak di belakan komputer atau tempat lain yang sulit dijangkau ada baiknya anda membeli USB Hub yang dilengkapi dengan kabel tambahan. Hal ini akan memudahkan anda untuk memasang atau melepas perangkat USB yang nantinya akan dihubungkan ke komputer. 


Semoga bermanfaat :D

{ 1 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

follow sukses #4
follback sangat ditunggu Disini

Posting Komentar